VISI
SEKOLAH
Visi merupakan cita-cita moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang. Berikut ini adalah visi SMPN 2 Ampelgading :
“Terwujudnya SMP Negeri
2 Ampelgading yang Religius,
Berkarakter,
Berprestasi, dan Peduli Lingkungan”
Indikator:
(1) Religius
Religius dalam menjalankan ajaran agama yang dianutnya (Spiritual Quotien)
(2) Berkarakter
Berkarakter bersendikan pada budaya lokal dan nasional
(3) Berprestasi
Berprestasi akademik dan non akademik (Intelegensi Quotien)
(4) Peduli
lingkungan (Awareness
Character)
(a) Peduli terhadap pelestarian fungsi lingkungan
(b) Peduli pencegahan
pencemaran lingkungan
(c) Peduli pencegahan kerusakan lingkungan
(d) Peduli lingkungan sosial
Misi Sekolah
(1) Menguatkan sikap dan perilaku taat beragama
(2) Menguatkan karakter
individu dan sosial berwawasan budaya lokal dan nasional
(3) Menguatkan kompetensi
keterampilan 4C (Critis, Comunikatif, Colaboratif, dan Creatif)
(4) Mewujudkan dan mengembangkan budaya literasi dan numerasi
(5) Menciptakan budaya berprestasi
akademik dan nonakademik
(6) Mewujudkan proses pembelajaran
PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menarik) pada
seluruh mata pelajaran
(7) Mewujudkan sumber daya pendidik dan kependidikan yang profesional, berdedikasi tinggi, loyal, disiplin, dan inovatif
(8) Mewujudkan pengelolaan manajemen sekolah berbasis MBS
(9) Mewujudkan sarana-prasarana sekolah yang sesuai standar mutu.
(10) Menciptakan budaya perilaku peduli pelestarian fungsi lingkungan
(11) Menciptakan budaya
perilaku peduli pencegahan pencemaran lingkungan
(12) Menciptakan budaya perilaku peduli pencegahan kerusakan lingkungan
(
A. Tujuan Sekolah
Mengacu
pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan menengah, maka tujuan SMP Negeri 2 Ampelgading dalam
mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut:
(1)
Melaksanakan
pengembangan KTSP sesuai 8 standar pendidikan.
(2) Melaksanakan pembiasaan
kegiatan ibadah keagamaan
sebagai bagian dari penguatan
pendidikan karakter.
(3)
Meningkatkan pembiasaan
budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Salim, Santun)
(4) Meningkatkan
pendidikan penguatan karakter (PPK) dalam perilaku sehari-hari.
(5)
Meningkatkan budaya
mutu peningkatan prestasi
akademik dan non akademik
(6)
Mewujudkan pengelolaan
pendidikan yang berbasis ramah anak.
(7)
Meningkatkan prestasi akademik
dan non akademik tingkat kabupaten/ provinsi.
(8) Mewujudkan proses pembelajaran berbasis PAIKEM (pembelajaran aktif, inovatif,
kreatif, efektif dan menarik)
terintegrasi dengan pendidikan lingkungan hidup (PLH) pada semua mata
pelajaran.
(9) Meningkatkan kompetensi
keterampilan 4K (kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikatif).
(10)
Meningkatkan keterampilan
literasi dan keterampilan berfikir
tingkat tinggi (Higher Order Thiking Skills (HOTS).
(11)
Meningkatkan penilaian
pembelajaran yang outentik pada aspek sikap, pengetahuan, dan
keterampilan.
(12) Meningkatkan mutu sarana dan prasarana sekolah yang mendukung peningkatan pembelajaran
yang berbasis IT.
(13) Mewujudkan sumber daya pendidik dan kependidikan
yang disiplin, profesional, loyal, dan berdedikasi tinggi.
(14) Mewujudkan pengelolaan manajemen sekolah berbasis MBS.
(15) Meningkatkan budaya peduli pelestarian
lingkungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar